Selasa, 22 November 2011

MENINGKATKAN DAYA SAING EKONOMI MENGHADAPI GLOBALISASI


Oleh:
MS. Wahyudi S.

Era globalisasi adalah suatu era dengan persaingan ketat. Tentu saja diharapkan agar Indonesia juga bisa sukses memenangkan persaingan era globalisasi. Berdasarkan UNDP report 2003 GDP perkapita tahun 2001, Indonesia berada di posisi 112. Hal ini membuktikan bahwa daya saing Indonesia masih lemah. Proses globalisasi berlangsung dalam perkembangan yang dahsyat akibat bertemunya tiga hal yang menjadi motor globalisasi, yaitu teknologi, pasar modal, serta manajemen perusahaan.
Proses globalisasi harus bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan rakyat. Hal inilah pada dasarnya yang dilakukan oleh negeri – negeri yang berkembang pesat, seperti Jepang, Korea Selatan, dan Singapura. Mereka dapat memanfaatkan celah yang diberikan oleh sistem perdagangan yang semakin terbuka, teknologi informasi yang semakin berkembang, dan pasar modal yang semakin dinamis.
Globalisasi menjadikan dunia dengan sistem perdagangan bebas. Negara – negara yang lemah daya saing ekonominya akan tersingkirkan. Oleh karena itu, bagaimana persiapan Indonesia untuk mengambil keuntungan dari peluang yang diciptakan oleh proses globalisasi. Apabila Indonesia memiliki kemampuan daya saing yang tinggi, maka akan dapat berkembang di era globalisasi.
Ada beberapa indikator utama yang dapat menentukan daya saing adalah sebagai berikut : (1) Perekonomian nasional, (2) Keterbukaan, (3) Sistem keuangan, (4) Infrastruktur dan sumber daya alam, (5) Ilmu pengetahuan, (6) Sumber daya manusia, (7) Institusi, (8) Governance dan kebijakan pemerintah, (9) Manajemen dan ekonomi makro.
Di tingkat global, liberalisasi ekonomi dan perdagangan semakin menjadikan kegiatan – kegiatan dunia usaha dan perekonomian nasional ke dalam sistem global. Dengan kondisi tersebut, bangsa Indonesia harus mampu memadukan kemampuan bersaing dan bekerja sama secara efektif, mengembangkan potensi ekonomi rakyat, menghemat devisa, menciptakan lapangan kerja baru, serta mampu melakukan penguasaan dan inovasi teknologi, sebagai indikator dinamisasi manajemen kepentingan perekonomian nasional. Dengan demikian, diharapkan Indonesia menjadi negara yang siap bersaing di era globalisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar